Manfaat bunga kamboja

manfaat bunga kamboja

Beberapa bagian pohon kamboja bisa di gunakan untuk menunjang kesehatan. Dari bunga, kulit batang, daun dan getahnya bisa dibuat untuk obat.

Bunga kamboja yang sudah di keringkan, bisa digunakan untuk menyembuhkan  diare. Ambil 12-24 gram bunga kamboja kering, rebus dan di minum hingga sembuh.

Rebusan kulit batang dapat digunakan untuk pertolongan pertama bagi anda yang mengalami sakit gigi,deman dan gangguan buang air besar. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengatasi tumor,diare dan penyakit kelamin.

Daun kamboja yang direbus dapat membantu mengendalikan serangan asma dan juga mengobati kulit pecah-pecah di daerah tumit.

Getah yang di campur minyak kelapa dan di hangatkan, bisa mengatasi rematik,artritis dan gatal.

Minyak Atsiri

Bunga kamboja kaya akan kandungan asam palminat, selain asam kandungan minyak atsiri jugqa ada di dalam bunga kamboja. Dari minyak aqtsiri inilah aroma harum itu berasal. Minyak ini bisa bekerja sebagai anti jamur. Tiga warna bunga kamboja, putih , merqah oranye dan merah memiliki kandungan minyak atsiri yang berbeda.

Anti radang

penelitian ilmiah sudah dilakukan untuk mempelaajari manfaat dun kamboja,sebagai anti radang pada hewan-hewan percobaan.

Sarietanol yang diambil dari daun ternyata mengandung senyawa golongan steroid,tantin, alkaloida,flavonid,glikosida dan lain-lain.

Selain itu ada juga golongan stigmasterol,asam ursolatdan lupeol.Dari hasil penelitian menunjukkan sari daun kamboja dalam metanol dapat mengatasi peradangan yang diakibatkan oleh beberapa faktor dan teruji keamanannya. Sari metanol daun juga bersifat anti mutagenik pada hewan percobaaan, ini berarti berkaitan dengan anti tumor dan anti radikal bebas.

Radikal bebas adalah salah satu penyebab meluasnya gangguan kesehatan berupa penyumbatan pembuluh darah,penyakit jantung, kencing manis dan penyakit saraf.

Sebagai makanan dan minuman

Jangan terkejut jika bunga kamboja bisa juga dimakan, dan dibuat teh. Untuk tujuan komsumsi, sangat dianjurkan memilih yang organik,yaitu kamboja yang di tanam dan dirawat tanpa menggunakan bahan kimia. Persiapannya mudah saja, ambil beberapa bunga,lalu cuci bersih, keringkan dengan kertas pengering, selanjutnya bunga itu langsung dapat dicampur dengan sayuran selada untuk salad. Kelompak bunga kamboja yang segar dapat juga ditaburkan di atas nasi putih atau nasi merah untuk menambah aroma dan keindahan sajian bisa juga digoreng dengan tepung untuk camilan,seperti tempura khas jepang.

Untuk membuat teh dari bunga kamboja, keringkan bunga kamboja yang masih segar dengan cara diangin-anginkan. Setelah kering seduh dengan air panas dalam cangkir, tutup dan diamkanselama 10 menit lalu bisa di minum. Bagi anda yang baru mengenal dan mencoba untuk pertama kalinya , perlu berhati-hati, sebab bisa menimbulkan gangguan cerna.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s